Saturday, January 16, 2010

Peringatan Bisnis Review dan Skema Bertukar Link dari Google

Peringatan Bisnis Review dan Skema Bertukar Link dari GoogleKarena banyaknya pengguna internet yang menjalani bisnis review termasuk saya, Google semakin menekan adanya bisnis ini. Bisnis ini dikaitkan dengan skema pengembangan situs melalui situs yang lain. Dengan kata lain ini termasuk cara untuk membangun popularitas suatu situs yang di-review sekaligus untuk mendapatkan peringkat di Google.

Namun, peringkat situs Anda dalam hasil pencarian Google sebagian didasarkan pada analisis situs yang memasang link ke situs Anda. Kuantitas, kualitas, dan relevansi link sangat diperhitungkan. Situs yang memiliki link ke situs Anda dapat memberikan konteks tentang isi situs Anda, dan dapat menunjukkan kualitas dan popularitas. Namun, beberapa webmaster terlibat dalam skema bertukar link dengan mitra eksklusif untuk membangun popularitas, mengabaikan kualitas dari link, sumber, dan dampak jangka panjang yang akan dialami oleh situs mereka. Menurut Google, ini merupakan pelanggaran terhadap pedoman webmaster Google dan dapat memberikan pengaruh negatif terhadap peringkat situs Anda dalam hasil pencarian. Contoh skema ini meliputi:
  • Link dimasukkan untuk memanipulasi PageRank
  • Link dimasukkan ke web spammer atau ke dalam web yang buruk
  • Reciprocal link yang berlebihan, maksudnya adalah bertukar link (saya pasang link ke blog Anda, Anda pasang link ke blog saya)
  • Membeli atau menjual link

Cara terbaik dan benar untuk meningkatkan popularitas suatu situs/blog adalah dengan membuat suatu konten yang unik dan relevan dengan situs/blog Anda. Tidak terjaring Copyright dan sebagainya. Konten yang lebih bermanfaat yang Anda miliki, mempunyai kesempatan yang besar dan kemungkinan orang lain akan menemukan konten yang berharga untuk para pembaca dan secara alami akan menyimpan link ke konten berharga Anda tadi. Nah, sebelum membuat keputusan tunggal, Anda harus menanyakan kepada diri sendiri suatu pertanyaan: Apakah ini akan bermanfaat bagi pengunjung halaman blog saya?

Saya menganjurkan kepada Anda untuk hati-hati mengolah blog Anda, hal ini untuk menghindari amukan dari Google yang akan berakibat fatal terhadap blog Anda. Anda dapat kehilangan PageRank yang Anda sayangi dan juga akan kehilangan peringkat di Search Engine. Dan suatu hal pokok, berilah rel='nofollow' ke dalam link yang Anda gunakan untuk bisnis review. Bisa juga menambahkannya setelah pembayaran dari pihak advertiser atau setelah penerimaan job.

No comments:

Post a Comment