Saturday, October 10, 2009

Duplikat Konten

Duplikat konten adalah suatu masalah bagi banyak situs yang ada, bahkan seringkali pemilik situs tidak menyadari masalah ini dan kemudian dihukum oleh Google dan mesin pencari lainnya, dan yang paling mengerikan adalah kehilangan PageRank yang dibangga-banggakan. Nah, biarkan saya menjelaskan hal ini dengan lebih detail dan menawarkan solusi yang sederhana.


Canonicalization
Canonicalisation adalah halaman yang sama yang dapat direpresentasikan di lebih dari satu cara. Sebagai contoh, Anda mungkin tidak menyadari halaman Home situs Anda mungkin memiliki versi berikut:
  1. www.contoh.com
  2. Contoh.com
  3. www.contoh.com/
  4. Contoh.com/
  5. www.contoh.com/index.html
  6. Contoh.com/index.html
  7. www.contoh.com/home.aspx
  8. Contoh.com/home.aspx

Apakah ini suatu masalah? Jawabannya adalah YA dan Anda harus peduli tentang hal tersebut.

Mengapa duplikat konten menjadi masalah?
Jika Google mengindeks situs web Anda dan halaman Home situs Anda muncul beberapa kali, Google akan berpikir bahwa Anda memiliki duplikat konten. Google akan memberi penalti kepada Anda karena memiliki duplikat konten. Biasanya hal duplikat konten terjadi karena adanya plagiat dan beberapa kecurangan yang menyerang situs Anda.

Semua backlink Anda pergi ke salah satu dari 8 versi dari situs Anda diatas. Bagaimana Anda bisa mengetahui apakah Anda memiliki masalah dengan duplikat konten? Ketik di kotak pencarian Google:
site: contoh.com.au

Sekarang Anda dapat menemukan bahwa Google telah mengindeks lebih dari satu URL untuk halaman rumah Anda misalnya.
  1. Contoh.com
  2. Contoh.com/home.htm

Bagaimana anda memecahkan indeks Google yang memiliki beberapa URL yang pada dasarnya sama? Idealnya Anda menghindari memiliki lebih dari satu versi per halaman, jadi pastikan Anda atau sistem manajemen konten (CMS) menciptakan URL standar yang selalu sama.

Gunakan Tools dari Google Webmaster untuk memberitahu spider Google tentang URL pilihan Anda. Ini adalah tool gratis yang digunakan dan berfungsi dengan maksimal jika Anda memakainya dari awal.

Jika Anda menemukan bahwa Anda memiliki masalah duplikat konten, Anda dapat melakukan beberapa hal. Praktek terbaik adalah untuk menyisipkan elemen link cannonical atau membuat redirect permanen.

Elemen Link Canonical
Masukkan elemen link cannonical ke bagian Header situs Web Anda. Ini adalah solusi yang baik. Hal ini akan memberitahu Search Engine dari berbagai URL Anda menjadi URL yang 'resmi'.

Redirect Permanent
Anda juga dapat menggunakan Redirect Permanent dari semua halaman yang non-cannonical Anda. Hal ini sangat mirip dengan elemen link cannonical, tetapi dapat melintasi domain. Sehingga Anda dapat mengarahkan www.contohlain.com ke www.contoh.com

Sekarang saya akan mencoba membahas SEO Onpage. Pertama, melakukan penelitian tentang keyword dan menemukan bahwa dalam rangka untuk mencapai peringkat yang lebih baikharus sedikit mengubah kombinasi kata kunci yang digunakan. Ini dipengaruhi judul halaman dan URL struktur.

Cara paling sederhana untuk menghindari kehilangan PageRank adalah mendirikan redirect permanen dari halaman lama ke halaman baru. Dengan cara ini kita dapat melanjutkan optimalisasi terhadap situs kita dan menggunakan frase keyword baru ke dalam struktur dan isi tanpa risiko bakal turun pada Halaman Hasil pencarian.

No comments:

Post a Comment