Monday, November 16, 2009

Mengapa Anak Menderita Asma?

cara menyembuhkan menghindari penyakit serangan asmaAsma adalah salah satu penyakit pernapasan yang paling umum yang dapat diderita oleh orang-orang dari segala usia baik laki-laki maupun wanita. Didefinisikan sebagai gangguan kronis pada saluran udara di paru-paru atau menyempitnya bronki. Kondisi ini dapat dibedakan dengan gejala kronis seperti terhalangnya aliran udara, peradangan dan bronchospasm atau bronkial hiper sensitivitas. Meskipun tanda-tanda dan gejala sering mirip antara PPOK atau penyakit paru obstruktif kronik dan bronkitis kronis, peradangan dengan gangguan ini adalah ireversibel. Yang mengejutkan lagi, sampai saat ini asma diderita lebih dari 12% dari populasi Amerika Serikat dan lebih dari 300 juta orang di seluruh dunia. Di Amerika Serikat saja, asma menyebabkan sekitar 4000 kematian setiap tahunnya.

Jumlah anak penderita asma telah meningkat selama bertahun-tahun. Dan ini dapat menjadi penyebab utama gangguan kronis pada anak-anak. Menurut data statistik, ada sekitar 10% sampai 12% dari anak-anak di dunia yang menderita kondisi pernafasan ini dan penderitanya justru semakin meningkat. Asma dapat terjangkit pada usia berapa pun tetapi kebanyakan pasien mengalami gejala pertama asma tidak lebih dari 5 tahun.

Faktor yang dapat membantu kita mengetahui kehadiran asma adalah alergi pada anak-anak. Anak penderita asma juga sering memiliki anggota keluarga atau kerabat yang dipengaruhi oleh kelainan. Hal ini dapat berkembang jika anak sering menderita infeksi saluran pernapasan. Anak-anak terpapar asap rokok selama kehamilan dan setelah dilahirkan, ditambah mereka yang memiliki berat lahir rendah kemungkinan besar akan terkena asma.

Penelitian juga menunjukkan bahwa anak-anak yang dibesarkan di lingkungan miskin lebih banyak dikelilingi oleh penyakit pernapasan daripada mereka yang hidup dalam lingkungan berpenghasilan tinggi. Penelitian terbaru menunjukkan paparan polutan meningkatkan kerentanan anak-anak untuk terkena asma.

Gejala serangan asma salah satunya batuk berat di malam hari dan saat bermain atau bahkan sambil tertawa. Seorang anak mungkin juga menjadi kurang energik terutama saat bermain dan mungkin akan mengeluh sakit di dada atau sesak pada daerah sekitar dada. Pada orang tua juga dapat kita ketahui melalui napas yang cepat atau tersengal-sengal ketika menghirup atau mengeluarkan udara. Untuk anak-anak di bawah 5 tahun, infeksi pada saluran pernapasan seperti flu biasanya dapat memicu serangan asma.

Cara terbaik untuk mengobati gangguan ini adalah dengan membawa anak-anak yang menderita asma ke dokter spesialis sehingga kondisi tersebut dapat dikelola. Untuk bantuan langsung, terutama untuk bayi, obat-obatan jenis bronchodilator harus diberikan. Kebanyakan dokter juga merekomendasikan penggunaan obat-obatan anti-inflamasi. Pastikan saja bahwa dosis obat diberikan sesuai dengan berat badan dan usia anak Anda. Dan juga karena anak-anak muda tidak mampu mengelola napas mereka biasanya akan menggunakan inhaler biasa, dan menghirup obat-obatan dapat diberikan melalui cara yang berbeda.

Nah, langkah yang tepat untuk mengurangi berkembangnya risiko asma anak Anda adalah menjauhkan mereka dari asap rokok, polusi dan penyebab alergi lainnya yang dapat memicu serangan.

No comments:

Post a Comment